Thursday 12 March 2009

kill the bad habit

Wajar ngga sih kalo kita menilai sesuatu dari luarnya aja?
Yah kulit terkadang memang tidak mewakili isi.
Itu tuh ‘gue banget’ kalo kata mtv. Sering sekali saya menilai segala sesuatu dari luarnya aja, terutama tentang karakter seseorang. Dengan so tahu nya gue berfikir fikir sendiri “ Ah murahan”, “Ih najis so intelek”, “Ah si eta mah munafik”, dan lain lain.
Kadang kadang gumaman seperti itu sering berubah menjadi kebencian, ngga jarang juga gue share sama temen tentang hal itu. Menilai orang lain begini lah, begitu lah, mendengar cerita dari orang dia itu begini lah, begitu lah, gue juga ikut menilai yang jelek jelek juga, padahal mah ngga begitu kenal sama orang yang diomongin.
Faktanya tidak sedikit dari mereka yang pernah gue judge sembarangan menjadi teman baik gue sekarang.
So.. mungkin tidak mudah untuk jadi manusia yang tidak suudzon, tapi yah kita coba lah.
saya mau ngasih tips nih sedikit.
Mari kawan kawan kita fogging itu sipat suudzon jauh jauh dari hidup kita biar kita ngga kena demam berdarah,

Tutup kuping anda dari hal hal yang jelek, lebih baik anda pakai headset saja kalo ada orang yang lagi mencoba menghasut untuk menggosipin orang lain. Yah tapi resikonya budek. Gimana dong?

Menguras pikiran anda. Kalo ternyata udah kepalang mendengar gossip yang sangat menggoda sekali untuk kita asah alur ceritanya, bakar aja skenarionya (teu nyambung) yah berfikiran positif aja deh, siapa tau scenario itu bisa berkembang menjadi fitnah, ngga enak deh. Mending dijauhin, engkau jauh aku jauh, engkau dekat aku dekat.

Mengubur. Kalo emang anda merasa sudah punya spesialisasi dalam meracik kesuudzonan dengar sangat mahir. Kuburlah diri sendiri.

Kenapa saya nulis gini? Karena saya juga ga mau orang suudzon seperti saya suudzon sama orang orang yang dulu pernah saya suudzonin.

oh iya ngomong ngomong suudzon bahasa inggrisnya apa ya?

No comments:

Post a Comment